Headlines News :
Home » » Planet Baru Penemuan NASA

Planet Baru Penemuan NASA

Written By IdesAS on Sunday, May 8, 2011 | 1:33 AM


Untuk kesekian kalinya para pakar astronomi mendeteksi sebuah ‘exoplanet’ seperti Bumi yang mungkin punya kondisi tepat untuk mendukung kehidupan. Para ilmuwan mengatakan planet yang baru ditemukan itu mungkin juga mempunyai atmosfer.
Temuan mereka, melalui teleskop Keck di Hawai itu, ditulis di jurnal Astrophysical
Para periset dari Universitas Kalifornia di di Santa Cruz (UCSC) dan Lembaga Carnegie di Washington, telah mempelajari pergerakan bintang induk planet itu, yang berwarna merah dan kecil yang dikenal sebagai Gliese, selama 11 tahun.Pengamatan mereka mengungkapkan sejumlah ‘exoplanet’ berputar di sekeliling bintang itu. Kemungkinan  Belakangan mereka menemukan dua planet asing baru, sehingga dengan penemuan sebelumnya jumlah planet yang mengorbit Gliese 581 menjadi enam.
Tetapi temuan baru yang terpenting adalah bahwa satu dari planet itu mungkin diidentifikasi sejauh sebagai yang paling menyerupai Bumi.
“Temuan kami menunjukkan bukti-bukti kuat mengenai planet yang bisa mendukung kehidupan”, kata Steven Vogt, seorang astronom di UCSC.
“Kenyataan bahwa kami mampu mendeteksi planet itu begitu cepat dan begitu dekat mengungkapkan bahwa planet-planet itu benar-benar planet biasa.”
Gliese 581g punya massa sekitar tiga sampai empat kali massa Bumi, mengorbit mataharinya dalam waktu 37 hari dan diperkirakan merupakan dunia yang penuh karang dan punya gaya berat cukup untuk mungkin mempunyai atmosfir.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
My Community : Hacker Newbie | Kaskus | Ninja Saga Indonesia
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Fakta Dunia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template